Cerita Pendek Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Pamulang di Saung Baca Harapan.

Foto : Kegiatan Mahasiswa Universitas Pamulang

Jakarta, Pesan Rakyat - Aplikasi Spotify dikenal sebagai sebuah aplikasi pemutar lagu oleh sebagian kalangan masyarakat. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa genre lagu, di antaranya yaitu lagu pop, rock, hip hop dan lagu-lagu populer lainnya.

Tetapi masih banyak yang belum mengetahui jika di aplikasi Spotify ini juga memiliki fitur podcast. Banyak sekali podcast-podcast yang tersedia dalam aplikasi ini, salah satunya yaitu podcast dongeng yang akan dibahas dalam kegiatan pengabdian yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Pamulang di Saung Baca Harapan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari 5 orang mahasiswa yaitu Irwan Mulyana sebagai ketua pengabdi bersama para anggotanya yaitu Desi Arum Sari, Endah Kusuma Wardani, Imelda Sucia Maharani, dan Nitami Oktaviani. Pengabdian ini juga didampingi oleh dosen pembimbing PKM yaitu Bpk. Yasir Mubarok, S.S., M.Hum.

Mereka melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul kegiatan “Penggunaan Aplikasi Spotify Sebagai Media Edukasi Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Pada Anak Melalui Podcast Dongeng” di Saung Baca Harapan yang dibina oleh Bpk. Isbandi dan diketuai oleh Dede Herlana.

Pembelajaran mengenai penguasaan kosakata pada anak sangat diperlukan bagi perkembangan kebahasaan anak. Penguasaan kosakata ini bisa didapatkan melalui beberapa hal, salah satunya dalam kegiatan belajar mengajar maupun ketika anak tersebut sedang berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Kosakata merupakan alat utama yang harus dimiliki seseorang dalam belajar bahasa yang berfungsi untuk mengungkapkan ide atau gagasan.

Penggunaan aplikasi Spotify dalam kegiatan pengabdian ini merupakan sebuah penerapan dari pemanfaatan perkembangan ilmu teknologi yang sangat berkembang dan sangat berguna untuk mempermudah kegiatan serta keperluan kita semua.

Aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal, salah satunya meningkatkan penguasaan kosakata.
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengajaran dan informasi terkait aplikasi Spotify tersebut yang dapat berguna sebagai media edukasi bagi anak, salah satunya yaitu untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada anak melalui podcast dongeng yang merupakan salah satu fitur yang terdapat dalam aplikasi Spotify.

Target atau sasaran dalam pengabdian ini yaitu masyarakat sekitar, khususnya anak-anak yang masih bersekolah di Sekolah Dasar dan juga Sekolah Menengah Pertama yang selalu mengikuti kegiatan pembelajaran dan pengembangan kreativitas  di Saung Baca Harapan.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di Saung Baca Harapan Kp.Pabuaran RT.001 RW.002 Ds.Malang Nengah Kec.Pagedangan Kab.Tangerang yang berlangsung pada hari tanggal 25/5/ 2021, Pukul 16.00 s.d 18.00 WIB, dengan dihadiri oleh 50 anak-anak bimbingan Saung Baca Harapan dan beberapa masyarakat sekitar dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku seperti memakai masker, mencucui tangan sebelum kegiatan berlangsung, dan tetap menjaga jarak demi mencegah penyebaran virus covid-19.

Adapun yang menjadi instruktur dan narasumber dalam kegiatan ini adalah mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia yang sedang mengabdi dan telah mempersiapkan materi dengan media pembelajaran yang telah ditentukan.

Langkah-langkah kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian secara intensif dengan tahapan sebagai berikut:

1. Penyampaian materi penguasaan kosakata yang disampaikan oleh Nitami Oktaviani.

2. Penyampaian materi sastra anak dan dongeng yang disampaikan oleh Imelda Sucia Maharani.

3. Penyampaian materi Spotify dan podcast dongeng yang disampaikan oleh Desi Arum Sari.

4. Demonstrasi tentang langkah-langkah penggunaan aplikasi Spotify untuk mendengarkan beberapa podcast dongeng yang disampaikan oleh Irwan Mulyana.

5. Tanya jawab mengenai semua materi yang sudah disampaikan oleh para pemateri dengan memberikan beberapa pertanyaan dari Endah Kusuma Wardani yang sekaligus menjadi moderator acara.

6. Buka bersama setelah kegiatan pengabdian berakhir bersama dengan para peserta dan masyarakat sekitar di Saung Baca Harapan. 7) Evaluasi hasil kegiatan pengabdian yang telah dilakukan.

Kegiatan pengabdian dengan judul “Penggunaan Aplikasi Spotify Sebagai Media Edukasi Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Pada Anak Melalui Podcast Dongeng” berjalan dengan baik dan lancar.

Pertemuan tatap muka dengan teknik ceramah, demonstrasi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab mengenai materi yang disampaikan oleh para mahasiswa, mulai dari penjelasan mengenai kosakata pada anak, definisi dan beberapa penjabaran mengenai sastra anak khususnya dongeng, sedikit pembahasan mengenai profil Spotify dan beberapa channel podcast dongeng, hingga demonstrasi cara penggunaan podcast dongeng pada aplikasi Spotify.

Kegiatan pengabdian ini diawali dengan ceramah dan demonstrasi ini kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dari penyampaian materi yang diberika oleh para mahasiswa kepada para peserta, bisa dilihat bahwa para peserta yang merupakan anak-anak ini masih belum mengetahui apa itu penguasaan kosakata, khususnya bagaiman cara penggunaan dari podcast dongeng pada aplikasi Spotify.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Berbagai pertanyaan mengenai materi yang telah disampaikan diajukan oleh moderator acara kepada para peserta secara antusias oleh para peserta dalam sesi tanya jawab.

Program pengabdian pada masyarakat berupa penjelasan materi mengenai penggunaan podcast dongeng dalam aplikasi Spotify sebagai media edukasi untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada anak yang sudah dilaksanakan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan, keterampilan dan sumber informasi bagi anak-anak dan juga pengajar Saung Baca Harapan.

Anak-anak akan lebih semangat dan termotivasi untuk mengembangkan diri, khususnya meningkatkan penguasaan kosakata.

Hasil kegiatan ini akan bermanfaat bagi para anak-anak terlebih para pengajar Saung Baca, proses belajar mengajarnya akan lebih menarik dengan digunakannya media pembelajaran yang lebih bervariasi seperti penggunaan aplikasi Spotify dalam meningkatkan penguasaan kosakata.

Disamping itu dengan adanya kegiatan pengabdian ini, masyarakat sekitar yang turut memperhatikan akan mendapatkan beberapa informasi dan ilmu mengenai penggunaan suatu teknologi sebagai media edukasi, sehingga akan membantu para orangtua dalam mengajarkan dan menyiapkan media yang tidak membosankan untuk anak dalam proses meningkatkan penguasaan kosakata.

Target peserta kegiatan seperti direncanakan diawal adalah paling tidak 50 anak di Saung Baca Harapan. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta.

Dengan demikian bisa dikatakan bahwa target peserta dalam kegiatan ini tercapai 100%. Angka tersebut menunjukkan bahwa kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) dilihat dari jumlah peserta yang mengikuti dapat dikatakan berhasil dan sukses.

Ketercapaian tujuan kegiatan pengabdian ini secara umum sudah baik, namun keterbatasan waktu yang disediakan mengakibatkan tidak semua pertanyaan mengenai materi dapat dijawab dan disampaikan secara detail.

Dilihat dari penyimakan yang dilakukan oleh para peserta yaitu para peserta mampu memahami dan menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh moderator serta memahami cara menggunakan podcast dongeng pada aplikasi Spotify, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan kegiatan ini dapat tercapai.

Secara keseluruhan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mengambil tema penggunaan teknologi sebagai media edukasi ini bisa dikatakan berhasil. Keberhasilan ini selain diukur dari beberapa komponen lainnya, serta juga dapat dilihat dari kepuasan peserta setelah mengikuti kegiatan.

Manfaat yang diperoleh oleh para peserta yaitu mereka bisa mengembangkan diri khususnya dalam meningkatkan penguasaan kosakata  menjadi lebih baik dan diharapkan kualitas tersebut dapat membantu atau memudahkan peserta dalam berkomunikasi maupun berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Kegiatan ini mendapat sambutan sangat baik dari berbagai pihak, terbukti dengan keikutsertaan peserta anak-anak Saung Baca Harapan untuk mengikuti kegiatan dan tidak meninggalkan kegiatan dari awal kegiatan ini berlangsung sampai dengan waktu kegiatan berakhir, serta antusiame masyarakat sekitar yang ikut membantu jalannya kegiatan sehingga kegiatan pengabdian ini bisa berjalan kondusif dan sukses.

Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan selama kegiatan pengabdian hingga pembuatan laporan pengabdian dibuat, terdapat sebuah saran untuk pelaksanaan pengabdian selanjutnya yaitu adanya kegiatan lanjutan yang berupa pelatihan sejenis sesuai dengan tema kegiatan yang telah dilakukan selalu diselenggarakan secara periodik sehingga dapat meningkatkan kemampuan para peserta, baik itu anak-anak maupun para pengajar dalam melaksanakan proses belajar mengajar untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada anak.

-Kikidamanhuri

Lebih baru Lebih lama