27 September Indonesia Resmi Jadi Bagian PBB

Foto : Istimewa


Jakarta, Pesan Rakyat -  Peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 27 September. Peristiwa bersejarah yang pernah terjadi pada 27 September di antaranya yakni, Indonesia telah resmi menjadi salah satu negara anggota PBB hingga resmi ditandatanganinya Pakta Tripartit.

Indonesia resmi menjadi anggota PBB ke-60 pada tanggal 27 September 1950 dengan suara bulat dari para negara anggota. Hal tersebut terjadi kurang dari setahun setelah pengakuan kedaulatan oleh Belanda melalui Konferensi Meja Bundar.

Indonesia dan PBB memiliki keterikatan sejarah yang kuat mengingat kemerdekaan Indonesia yang diproklamasikan pada tahun 1945. 1945 merupakan tahun yang sama ketika PBB didirikan dan sejak tahun itu pula PBB secara konsisten mendukung Indonesia untuk menjadi negara yang merdeka, berdaulat, dan mandiri.

Oleh sebab itu, banyak negara yang mendaulat Indonesia sebagai “truly a child” dari PBB. Hal ini dikarenakan peran PBB terhadap Indonesia pada masa revolusi fisik cukup besar seperti ketika terjadi Agresi Militer Belanda I, Indonesia dan Australia mengusulkan agar persoalan Indonesia dibahas dalam sidang umum PBB.

-Kikidamanhuri

Lebih baru Lebih lama