Jokowi Singgung Fasilitas Transportasi Umum di Jakarta Kotor dan Banyak Preman

Suasana jalanan di Bundaran Hotel Indonesia Jakarta

Pesan Rakyat - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat beralih ke transportasi umum seperti bus.

Jokowi sangat berharap semua fasilitas di terminal bus juga diperbaiki agar mengubah citra terminal menjadi lebih baik.

Presiden Jokowi menyinggung citra terminal yang kurang baik seperti kotor hingga banyak premannya.

"Itu tidak seperti terminal-terminal yang lalu-lalu, yang kotor, yang banyak premannya, siapa yang mau naik bus, kalau hal tadi masih terjadi," kata Jokowi, dikutip dari tayangan Sekretariat Presiden di YouTube, Kamis 9 Februari 2023.

"Saya selalu mendorong untuk masyarakat menggunakan transportasi massal, baik itu yang namanya bus antarkota, bus antarpulau, juga transportasi massal di kota-kota besar," tambahnya.

Jokowi mengatakan kemacetan saat ini tidak hanya terjadi di DKI Jakarta saja.

Melainkan juga di kota-kota besar lain seperti Medan hingga Makassar.

"Kemacetan sekarang ini tidak hanya terjadi di Jakarta, tetapi juga di luar Jakarta, kota-kota besar misalnya Medan, Bandung, Surabaya, Makassar dan kota-kota besar yang lainnya mulai mengalami macet yang sudah mulai harus kita perhatikan," ujar Jokowi.

Dia pun berharap kota-kota besar selain Jakarta sudah mulai memikirkan membangun Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT).

"Jakarta sudah kita mulai MRT, sebentar lagi LRT jadi, sebentar lagi kereta cepat antarkota Jakarta-Bandung juga selesai. Dan kita harapkan kota-kota besar di luar Jakarta harus mulai berpikir ke arah LRT, MRT dan moda transportasi massal yang lainnya," ucapnya.***


Lebih baru Lebih lama