Pakai Topi Merah Di Debat Perdana, Ketua FORJA : Si Doel Bukan Hanya Anak Betawi Tetapi Juga Seniman

 

Foto Pramono Anung dan Rano Karno (Si Doel) Cagub-cawagub Jakarta/ist

Pesan Rakyat - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno berpenampilan nyentrik saat mengenakan baju pangsi bernuansa putih-oranye dengan kaos bertuliskan "Jakarta Menyala" di lokasi debat, JI-Expo Kemayoran Jakarta, Minggu (06/10/24).

Keduanya mengenakan baju pangsi ala Betawi dengan kaos oranye bertuliskan "Jakarta Menyala ketika pasangan lain justru mengenakan pakaian serba putih untuk penampilan perdana di ajang adu gagasan ini. 

Berbeda dengan Pramono yang mengenakan peci hitam, Doel justru memilih menggunakan peci berwarna merah. Dikutip dari laman senibudayabetawi.com, ternyata peci merah memiliki sejarah dan arti sendiri bagi warga Betawi. 

Dalam laman tersebut, dituliskan bahwa peci merah biasa digunakan oleh para jawara dan juga penggiat seni budaya. Para jawara pada akhir 1930-an dianggap sebagai orang yang hebat dan jago bertarung.

Pemakaian peci merah juga dianggap sebagai simbol perlawanan terhadap pemerintah kolonial pada saat itu.

Saat ini, peci merah khas Betawi dimaknai tidak hanya untuk keserasian pakaian, tetapi juga dipakai pada saat seseorang ingin melakukan hal-hal yang serius.

Menurut pasangan calon Rano, yakni Pramono Anung pemilihan pakaian itu tidak terlalu eksklusif lantaran sudah pernah dipakai saat pendaftaran Pilkada ke KPU DKI Jakarta.

"Iya. Saya pakai pakaian saat pendaftaran ini, saya pakai lagi," kata Pramono, Minggu.

Sementara itu, Ketua Front Rakyat Jakarta (Forja) menyampaikan bahwa konteks ini sesuai dengan tema SDM.

"Sesuai tema yaitu SDM, karena SDM berkaitan dengan budaya", Ucap Kiki.

Kiki juga menyampaikan bahwa hal ini bukan hal baru, karena bang Doel identik dengan budaya betawi karena seniman yang mengangkat tema anak Betawi.

"Bukan hal baru kalau bang Doel memakai pakaian khas Betawi, karena beliau ini seniman sekaligus penulis yang menggangkat dan membintangi film anak Betawi", Tambah Kiki.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat pertama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (06/10/24) malam.

Peserta debat tersebut adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).***

Lebih baru Lebih lama